PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Jakarta – Temu Karya Relawan ke-2 DKI Jakarta yang berlokasi di Bumi Perkemahan Cibubur sudah memasuki hari ke-3. Dengan tema “Sukarelawan PMI Bersama Dalam Gerakan Kemanusiaan”, dihari ini (03/11) kegiatan diisi dengan Kepalangmerahan (KPM) Challange dalam rangka untuk pelaksanaan implementasi dari nilai-nilai kepalangmerahan dengan media permainan secara fun.

Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Untuk sesi pagi diikuti oleh 3 kontingen dari Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu, dan sesi siang juga diikuti 3 kontingen dari Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Dari tiap-tiap kontingan beranggotakan 7 orang yang terdiri dari sukarelawan, pengurus, staf dan peninjau.

KPM Challange ini dibuat dalam bentuk permainan pos ke pos semacam outbound. Pos Spider Web, pos Tong Bocor, pos Bakiak dan pos Tanggap Darurat bencana.

Pada Pos pertama Spider web para perserta harus melewati rintangan berupa jaring-jaring, peserta diharuskan menyebrang tanpa menyentuh tali, kemudian membawa seorang korban serta merangkak melewati rintangan kecil. Kemudian pada pos kedua Pos Tong bocor dalam hal ini peserta bekerjasama untuk mengisi paralon dengan air yang penuh dengan lubang. Perserta hanya diberikan waktu 15 menit untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Selanjutnya pos ketiga terdapat suatu rintangan dimana peserta serentak memakai bakiak dan mengambil bendera yang bertuliskan pentunjuk dalam panduan keselamatan. Dan di pos terakhir ada pos Penaggulangan Bencana, dimana peserta diinstruksikan untuk memisahkan antara keperluan pribadi dan keperluan tim dalam hal penanggulangan bencana.

Seluruh rangkaian kegiatan KPM Challange ini bertujuan meningkatkan kebersamaan dan kepemimpinan dalam menjalankan setiap tugas. Selain itu dalam keseharian kegiatan operasional PMI tentunya dibutuhkan kerjasama tiap bagian. Dari staf, pengurus hingga para sukarelawan tentunya dibutuhkan kerjasama yang agar terjadi sebuah koordinasi nantinya akan menghasilkan pelayanan prima PMI kepada masyarakat. (Kel.2/TKR-DKI2017)