PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Nabila Gusman yang dipercaya menjabat sebagai Ketua Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) Provinsi DKI Jakarta, diundang untuk menjadi narasumber tentang Palang Merah Remaja (PMR) dengan tema “Ikutan PMR Zaman Now” di studio radio 103,4 DFM yang bertempat di Gedung Granadi Lantai 11, Jalan H.R. Rasuna Said Kav.8-9 Blok X1 Setiabudi, Jakarta Selatan. Jum’at (13/4)

 

penyiar radio pada perbincangan ini dipandu oleh mba stella, berikut petikan wawancara :

 

1.      Selamat pagi Nabila,

Sebagai generasi PMR zaman now yang ditengah kesibukan belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah, masih menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan PMR. Bahkan kamu juga mendapat kepercayaan sebagai Ketua FORPIS Provinsi DKI Jakarta yang belum tentu didapat oleh teman-teman PMR lainya. Apa sih yang dimaksud dengan FORPIS ?

Bisa donk untuk kasih tau kegiatan PMR yang tergabung dalam FORPIS itu seperti apa ?

 

Jawab :

 

Selamat pagi ka,

FORPIS itu Forum Remaja Palang Merah Indonesia. PMR itu acaranya banyak dan seru banget, misalnya PMR ditingkat sekolah yang selalu mengadakan kegiatan pelantikan PMR, dalam pelantikan tersebut ada yang dilaksanakanya di lingkungan sekolah atau di alam terbuka seperti outbond. Nama kegiatanya adalah “Halang Rintang”, kegiatan tersebut diikuti oleh anggota PMR dengan cara merunduk dibawah tali. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter PMR serta mengkondisikan anggota PMR pada saat terjadi bencana alam sehingga mereka bisa merasakan saat terjadi bencana.

 

2.      Selain tangguh dan terampil kira-kira syarat menjadi anggota PMR apa aja sih ?

 

Jawab :

 

Sebenarnya syarat untuk menjadi anggota PMR itu yang pertama harus NIAT. Karena kegiatan apapun yang kita lakukan apabila tidak didasari dengan niat nanti akan berjalan dengan tidak konsisten (setengah-setengah). Jadi kita harus memiliki niat yang kuat untuk menjadi anggota PMR.

 

Seperti diketahui bahwa PMR itu banyak memiliki kegiatan diluar, terutama kegiatan pelantikan, lomba dan lain-lain yang dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu. Besar kemungkinan pada hari libur sekolah tidak aka nada dirumah. Jadi hari liburan sekolah kita diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif melalui PMR.

 

3.      Sebagai seorang relawan muda, menurut kamu apakah semangat membantu sesama juga harus terus ditumbuhkan pada kalangan generasi muda dan kalangan remaja zaman now yang hidup di era yang serba canggih saat ini ?

 

Jawab :

 

Dengan semakin canggihnya era digital, maka semakin asik seseorang dengan dunianya sendiri. Misalkan apabila ada korban kecelakaan dipinggir jalan tetapi yang dilakukan oleh orang disekitar bukanya menolong tetapi malah foto dan melihat-lihat.

 

Sekarang ini sangat diperlukan memupuk rasa kemanusiaan, karena “saya merasa melihat manusia tetapi seperti tidak ada manusia” misalkan ada kasus bullying di lingkungan sekolah, kemudian teman yang ada disekitar bukanya  menolong tetapi ikut-ikutan bullying, Ini sudah menimbulkan sikap egois.

 

 

 

4.      Kegiatan apa yang biasa dilakukan pada saat JUMBARA ?

 

Jawab :

 

Jumbara itu kepanjangan dari Jumpa Bakti Gembira, ada juga jumbara PMI Kota Jakarta Timur, Jumbara PMI DKI Jakarta serta Jumbara Tingkat Nasional. Dengan mengikuti kegiatan PMR selain memperoleh ilmu kita juga bisa ke luar negeri. Seperti kemarin saya ke Malaysia untuk mengikuti kegiatan

 

Disana kita belajar bersama tentang kegiatan kemanusiaan, bagaimana cara melakukan pertolongan pertama, dapur umum, shelter, ambulans dan lain-lain. Saat kegiatan temu dengan PMR dari negara lain  menjadi pengalaman yang menarik, selain mendapat pengalaman saya pun menjadi peserta yang termuda diantara peserta yang lain.

 

5.      Klo bicara mengenai pembinaan dan pengembangan PMR, menurut kamu apa masih sangat perlu ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya ?

 

Jawab :

 

Masih perlu, karena sekarang di PMI Jakarta Timur berjumlah 4.000 orang, ini masih belum cukup dan harus ditambah lagi. Karena populasi di dunia manusia semakin bertambah, jadi kita sebagai

 

 

6.      Apakah anak-anak remaja zaman now di Jakarta perlu menambah pengalaman kerelawan lewat jalur PMR ?

 

Jawab : 

 

Perlu, karena kita bukan hanya belajar tentang PMR aja tetapi bagaimana kita dituntut untuk mandiri dan menumbuhkan rasa percaya diri, selain itu  belajar berorganisasi. Pokoknya “All in One”.

 

7.      Sebagai generasi now, apa tips kamu begitu ikhlas  menjadi relawan muda kemanusiaan ?

 

Jawab :

 

Karena rasa ingin menolong orang sesuai dengan hadist baginda Nabi Muhammad SAW, bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Misalnya pada saat upacara disekolah pasti selang beberapa menit akan ada murid yang mengalami pusing-pusing atau pingsan, disitulah PMR berperan untuk membantu. Disamping itu juga PMR mempunyai 7 materi PMR

 

Saya juga merasa bahagia karena dengan mengikuti PMR kita mampu membentuk karakter diri.