PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Temu Karya Sukarelawan PMI Provinsi DKI Jakarta II/2017 pada tanggal 1 – 5 November 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, dengan mengambil Tema “Sukarelawan PMI Bersama Dalam Gerakan Kemanusiaan“.

 

Temu Karya adalah salah satu strategi pembinaan dan pengembangan Sukarelawan yang dikemas untuk melakukan evaluasi dan pembinaan. Temu Karya juga sebagai ajang bagi para Sukarelawan PMI untuk bertemu dan sharing pengetahuan dan informasi serta bersama-sama memantau dan mengevaluasi pembinaan yang telah dilaksanakan PMI. Dan sekaligus merancang peran dan kegiatan Sukarelawan untuk mendukung dan melaksanakan  program peningkatan organisasi dan pelayanan PMI.   

 

Kegiatan Temu Karya Sukarelawan PMI Provinsi DKI Jakarta II/2017 akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam sambutannya, Anis Baswedan mengharapkan agar para Sukarelawan PMI Provinsi DKI Jakarta dapat  menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan mengabdikannya untuk kemajuan PMI.

 

“Para Sukarelawan sekalian diharapkan dapat lebih aktif lagi membantu kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI. Sehingga pada akhirnya dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Anies Baswedan.

 

“Tingkatkan kinerja dalam tugas mulia menangani masalah kemanusiaan,” tambah Anies Baswedan.

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza menyatakan bahwa kegiatan Temu Karya tersebut dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, yaitu sebagai ajang untuk peningkatan kapasitas dan evaluasi pembinaan serta pengembangan Sukarelawan yang sudah dilakukan oleh PMI di tingkat wilayah.

 

“Kegiatan Temu Karya dilaksanakan sebagai wadah untuk berkarya nyata dan bermakna bagi masyarakat luas. Juga arena pengembangan kapasitas SDM Sukarelawan di bidang Iptek dan Imtaq yang tetap berdasarkan pada nilai-nilai Kemanusiaan sesuai dengan Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional,” ucap Muhammad Ali Reza.

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR), Guru Pembina Palang Merah Remaja (PMR), Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) , dan Donor Darah Sukarela (DDS) dari seluruh PMI tingkat Kota/Kabupaten di wilayah DKI Jakarta yang mempunyai semangat pengabdian dalam mengaplikasikan Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

 

Arti penting dari Temu Karya Sukarelawan yaitu secara bersama-sama melakukan latihan gabungan, loka karya dan sharing pengalaman pengabdian kemanusiaan. Dan mempraktekan pengalaman pengabdian kemanusiaan tersebut, baik pada  masa damai ataupun pada masa terjadinya bencana, serta merumuskan bersama pemecahan masalah–masalah yang terjadi lalu merekomendasikan pokok–pokok pikiran KSR, TSR dan DDS untuk kemajuan PMI.

 

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain Bidang Temu yaitu Lokakarya Kemitraan PMI dengan Pemerintah di Bidang Penanggulangan Bencana, Lokakarya Pengembangan kegiatan Kepalangmerahan di Institusi Pendidikan, Lokakarya Penggunaan Media Sosial untuk Komunikasi,  Publikasi dan Pengembangan Citra Organisasi, Lokakarya Anti Narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Pertemuan Sukarelawan.

 

Bidang Karya meliputi Pemutaran film-film Kepalangmerahan, Pelatihan pertolongan pertama untuk masyarakat, Penyuluhan kesehatan, Promosi donor darah sukarela dan Promosi kegiatan-kegiatan pengurangan risiko bencana. Lalu Bidang Pengembangan Kapasitas yaitu Latihan Gabungan, Pengembangan Kreatifitas (soft skill), Lintas Trampil dan Social Entrepreneurship/Kewirausahaan Sosial.

 

Dan di Bidang Persahabatan yaitu Red Cross Exhibition, Olah Raga Persahabatan, Seni dan Budaya, Outbond dan Games Kepalangmerahan.

 

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatangan kerjasama antara Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta tentang Pembinaan dan Pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah sebagai cikal bakal Sukarelawan PMI.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

 

Kepala Markas Provinsi PMI DKI Jakarta, Erna Cahyani, HP. 08571652511 - 081283335320

Kabid. Pelayanan Markas Provinsi PMI DKI Jakarta,Oktariadi, HP. 085216923862