PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Dalam rangka meningkatkan ketersediaan darah yang aman bermutu dan memberikan akses yang lebih dekat dengan masyarakat dan rumah sakit di wilayah Jakarta Barat, PMI Provinsi DKI Jakarta mendirikan Sub Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Jakarta Barat. 

Sub UTD PMI Kota Jakarta Barat yang terletak di Jalan Perdana 12 Kelurahan Wijayakusuma, Jakarta Barat diresmikan oleh Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Rini Sutiyoso dan Walikota Jakarta Barat Anas Effendi, Kamis (16/3/2017).  

“Keberadaan Sub UTD PMI Kota Jakarta Barat bisa mengefisienkan penjemputan darah. Rumah Sakit di wilayah Jakarta Barat bisa mengambil darah di Sub UTD PMI Kota Jakarta Barat,” terang Rini Sutiyoso.

Kebutuhan darah di DKI Jakarta mencapai  800 – 1000 kantong per hari. Dan untuk memenuhi kebutuhan darah di DKI Jakarta, Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi DKI Jakarta telah melakukan usaha dari berbagai aspek, baik dari segi pelayanan dan kualitas maupun kuantitas darah.

”Dengan dibukanya Sub Unit Transfusi Darah PMI Kota Jakarta Barat, diharapkan rumah sakit tidak lagi harus mengambil darah ke PMI DKI Jakarta,” kata Rini Sutiyoso.

Sub UTD PMI Kota Jakarta Barat merupakan Sub UTD kedua yang didirikan oleh PMI Provinsi DKI Jakarta. Sebelumnya telah didirikan Sub UTD PMI Kota Jakarta Utara. Dan selanjutnya akan menyusul Sub UTD PMI Kota Jakarta Timur dan PMI Kota Jakarta Selatan untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan darah.

“Untuk menjamin kualitas darah di UTD PMI Kota Jakarta Barat, peralatan dan SDM didatangkan dari PMI Provinsi DKI Jakarta,” jelas Rini Sutiyoso.

Dalam sambutannya, Walikota Jakarta Barat Anas Effendi menyatakan, “Antusiasme masyarakat Jakarta Barat sangat tinggi dalam melakukan donor darah. Hal ini karena PMI Kota Jakarta Barat tidak henti-hentinya melaksanakan sosialisasi donor darah kepada masyarakat,” ujarnya.

“Dengan peresmian Sub UTD PMI Kota Jakarta Barat diharapkan donor darah sebagai gaya hidup meningkat pesat,” tambah Ana Effendi.

Sementara itu, menurut Ketua PMI Kota Jakarta Barat, Baharudin, masyarakat yang membutuhkan darah bisa langsung ke UTD PMI Kota Jakarta Batat. "Sub Unit Transfusi Darah ini dibangun untuk melayani masyarakat, dan rumah sakit di Jakarta Barat yang memerlukan darah bisa langsung ke PMI Kota Jakarta Barat," ujar Baharuddin.

Menurut Baharudin, Sub UTD PMI Kota Jakarta Barat memperkirakan kebutuhan darah di Jakarta Barat mencapai sekitar 4.500 kantong per bulan. Sementara kebutuhan darah di DKI Jakarta mencapai 800 - 1000 kantong darah per hari.

“Sub UTD PMI Kota Jakarta Barat juga akan membuka pelayanan donor darah setiap hari,” ungkap Baharudin.

Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang langsung ke Sub UTD PMI Kota Jakarta Barat yang buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.                     

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

 * dr. Salimar Salim, MARS. Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI DKI Jakarta, (021) 3906666

Nasrun Najib Kepala Markas PMI Kota Jakarta Barat, (021) 5606378