PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Dalam rangka hari jadinya yang ke 28 tahun pada bulan Maret 2018, SOGO Indonesia Departement Store menggelar aksi sosial donor darah dengan menyumbangkan 2800 kantor darah kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Donor darah ini diikuti oleh seluruh karyawan dan pelanggan SOGO Indonesia di 18 gerai di 18 kota besar di Indonesia, seperti di kota Jakarta, Tanggerang, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, Balikpapan, dan Banjarmasin. Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, SOGO Indonesia Departement Store melalui program SOGO Cares senantiasa peduli kepada masyarakat di sekitar.

Direktur Utama SOGO Indonesia Departement Store, Handaka Santosa Mengatakan bahwa dengan tersebarnya jaringan SOGO Indonesia Departement Store di seluruh Indonesia tentu akan membantu PMI dalam mengumpulkan kantong darah yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan standar WHO, jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sekitar 5,1 juta kantong yang pertahun (2% jumlah penduduk Indonesia), sedangkan produksi darah dan komponennya saat ini sebanyak 4,6 juta kantong dari 3,05 juta donasi, sebanyak 86,20% diantaranya berasal dari donor darah sukarela. “ artinya kita masih kekurangan jumlah produksi darah secara nasional sekitar 500 ribu kantong. “ ujar Handaka.

Handaka juga menambahkan bahwa program donor darah ini juga sekaligus menjadi sarana edukasi bagi masyarakat mengenai pentingnya donor darah, seperti syarat-syarat pendonor yang harus memiliki berat badan tidak kurang dari 45 kilogram dan sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu, tekanan darah pendonor harus berada pada angka 100-170 (sistolik) dan 70-100 (diastolik). Kadar hemoglobin darah saat pemeriksaan harus berkisar antara 12,5g% - 17g%.

“ Tentunya donor darah memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita antara lain menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar, serta membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. “ tambah Handaka

Pada kesempatan ini, SOGO Indonesia Departement Store juga secara khusus menerima rekor terbaru dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Donor Darah Secara serentak di Departement Store yang terbanyak. Pencapain yang positif ini tentu menjadi pemicu bagi SOGO Indonesia Departement Store untuk terus berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat di Indonesia. “ kami yakin dengan pilar yang kuat dari program Corporate Social Resposible SOGO Indonesia Departement Store juga membuktikan eksistensi yang tinggi dari perusahaan kami, “, ujar Arnolda Ratnawati, Marketing Director SOGO Indonesia Departement Store.

“Seiring dengan ulang tahun SOGO Indonesia Departement Store, kegiatan donor darah kali ini mengangkat tema We Donate Blood, We Celebrate Life telah berhasil mengumpulkan 2,800 kantong darah yang secara simbolis akan diberikan kepada PMI DKI Jakarta”, tutup Arnolda.