PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta mengadakan acara Buka Puasa Bersama dengan anak Yatim-Piatu, mantan karyawan PMI Provinsi DKI Jakarta, Pengurus, Staf serta Relawan PMI se DKI Jakarta. Acara tersebut dilaksanakan di aula PMI Provinsi DKI Jakarta, Jum’at (8/6/2018).

Dalam acara tersebut, PMI Provinsi DKI Jakarta memberikan bingkisan dan uang transport kepada anak-anak yatim-piatu dari Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat sebanyak 250 orang, dan mantan karyawan sebanyak 100 orang.

“Kegiatan yang kami lakukan, selain untuk menjalin tali silaturahmi, juga merupakan bentuk kepedulian PMI Provinsi DKI Jakarta kepada masyarakat atau warga sekitarnya,” kata Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza.

Kegiatan tersebut sudah secara rutin dilaksanakan oleh PMI Provinsi DKI Jakarta pada setiap bulan Ramadhan. Dan pada bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah, PMI Provinsi DKI Jakarta telah melakukan kegiatan Bakti Ramadhan di PMI Kota se DKI Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu, antara lain membagikan santunan kepada anak-anak yatim-piatu berupa paket Sembako dan uang transport.

“Kepada teman-teman dari PMI Kota dan Kabupaten, saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan program-programnya dalam rangka kegiatan Bakti Sosial Ramadhan 1439 Hijriyah selama ini. Semoga jerih payah Bapak dan Ibu sekalian akan mendapat pahala dan ridho dari Allah S.W.T.,” jelas Muhammad Ali Reza.

Kemudian, untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan kepada para Pemudik yang akan melakukan perjalanan ke kampung halamannya untuk merayakan Lebaran, PMI Provinsi DKI Jakarta juga membuka Pos Pertolongan Pertama di di Terminal Bus, Stasiun Kereta Api, dan Pelabuhan di  wilayah DKI Jakarta, mulai H-7 sampai dengan H+7 Lebaran, bekerjasama dengan Instansi terkait lainnya.

PMI Provinsi DKI Jakarta juga membuka Pos Pelayanan Pertama di tempat-tempat rekreasi, seperti Taman Marga Satwa Ragunan, Ancol dan TMII bagi warga yang merayakan Lebaran bersama keluarga di tempat wisata.

Sebelumnya, PMI Provinsi DKI Jakarta telah mengikuti Apel Kesiapan Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran dipimpin oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan di Terminal Pulogebang, Rabu (6/6/2018). Dilanjutkan dengan Apel Siaga dan Pelepasan Tim Relawan PMI pada Siaga Lebaran 2018 bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, dengan Pembina Upacara Ketua Umum PMI yang juga Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Stasiun Gambir Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Untuk mencukupi kebutuhan darah di bulan puasa, Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi DKI Jakarta sudah menghimbau dan bekerjasama dengan beberapa Instansi, seperti TNI-POLRI serta masyarakat untuk dapat mendonorkan darahnya, untuk membantu Saudara-saudara kita yang membutuhkan darah.

Donor darah pada saat puasa tidak membatalkan puasa. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia tanggal 24 Juli Tahun 2000, dimana mendonorkan darah di Bulan Puasa tidak membatalkan puasa dan tidak pula mengurangi kesempurnaan ibadah puasa orang yang bersangkutan.