PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Jakarta- Dalam upaya meningkatkan pemahaman relawan, Palang Merah Indonesia provinsi DKI Jakarta mengadakan lintas terampil relawan di kawasan Bumi Perkemahan  Cibubur, Jakarta Timur (04/11). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Temu Karya Sukarelawan II Palang Merah Indonesia se-DKI Jakarta  dengan tema “Sukarelawan PMI Bersama Dalam Gerakan Kemanusian”.

Kegiatan lintas terampil ini diikuti oleh 114 peserta yang mewakili masing-masing kontingen, yaitu: 5 Kotamadya DKI Jakarta diantaranya Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kegiatan lintas terampil dibagi menjadi 4 pos. Pada pos pertama, peserta relawan membahas tentang peran relawan dalam situasi normal, pos kedua membahas situasi relawan dalam situasi tanggap darurat, di pos ketiga peserta membahas system peringatan dini, logistik dan penampungan darurat, sementara pos keempat membahas tentang management posko dan reporting.

Pos pertama memiliki tiga sub pos diantaranya adalah kepalangmerahan, organisasi relawan, dan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat. Pos kedua memiliki tiga sub pos diantaranya, EWS (Early Warning System), pertolongan pertama dan ambulans, serta assesment. Di pos ini, peserta relawan ditugaskan untuk mempraktekkan ilmu yang mereka dapat. Sementara pos ketiga memiliki dua sub pos yaitu, sistem peringatan diri, logistik dan penampung darurat. Serta pos keempat memiliki dua sub pos yaitu: manajemen posko dan reporting.

Peserta relawan ditugaskan menuangkan hasil diskusi kelompok dari soal yang telah diberikan oleh juri dalam bentuk laporan pada masing-masing pos.

Menurut Herman, Koordinator Temu Karya Sukarelawan II mengatakan “Kegiatan Lintas Terampil ini diadakan guna mengukur kemampuan keterampilan, Relawan di provinsi DKI Jakarta, memastikan relawan di setiap wilayah memiliki pemahaman yang sama, dan bisa saling mengenal satu sama lain antar relawan di Provinsi DKI Jakarta”. (Khurun In Umama, JS/Rahma, JT)  (Kel.3/TKR-DKI2017)