PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta mengirimkan Relawan untuk membantu tanggap darurat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Tim Relawan yang berasal dari PMI Kota dan Kabupaten se DKI Jakarta yang akan  bertugas di lokasi terdampak bencana dilepas oleh Ketua Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza di halaman PMI Provinsi DKI Jakarta, Rabu (3/10/2018.

Pengiriman Relawan tersebut sesuai hasil koordinasi dengan PMI Pusat dan PMI Provinsi Sulawesi Tengah. PMI  Provinsi DKI  Jakarta  mengirimkan  48 Relawan terdiri dari dokter, perawat, tim Shelter (hunian sementara), RFL (restroring family links/pemulihan hubungan keluarga), tim evakuasi, petugas logistik, assesment, dan dapur umum.

“Mari kita bantu saudara-saudara kita yang terdampak gempa dan tsunami. Berikankah pelayanan dengan sepenuh hati, serta jaga diri dan kesehatan selama di lokasi bencana,” kata Muhammad Ali Reza.

“Dalam melaksanakan tugas kemanusiaan tersebut, saya mengharapkan kepada para Relawan agar dapat bekerjasama dengan instansi terkait lainnya,” tutur Muhammad Ali Reza.

“Mudah-mudahan bantuan yang diberikan oleh PMI Provinsi DKI Jakarta dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana,” tambah Muhammad Ali Reza.

Selain Relawan, PMI Provinsi DKI Jakarta juga mengirimkan bantuan  antara lain tenda family ten 5 set, tenda serbaguna 1 set, selimut 100 pcs, obat-obatan, air mineral 25 karton, pembalut wanita 4 karton, dan peralatan dapur umum sebanyak 2 set.

Relawan yang berasal dari PMI Kota dan Kabupaten se DKI Jakarta tersebut akan berangkat menggunakan pesawat, sedangkan kendaraan dan peralatan lainnya sudah diberangkatkan dengan kapal Aisha Kamilah melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada Senin (1/10/2018) yaitu 1 unit ambulans, 2 truk kanvas, 1 unit double cabin dan 1 unit truk. 

Relawan akan bertugas di lokasi bencana dan tsunami selama 14 hari dan akan diperpanjang sesuai dengan situasi di lapangan. Relawan tersebut juga sebelumnya telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi, serta diberikan asuransi.

PMI Provinsi DKI Jakarta juga membuka Posko di halaman PMI Provinsi DKI Jakarta dan halaman Balai Kota DKI Jakarta, sesuai dengan arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta untuk menerima bantuan dari masyarakat Jakarta yang ingin membantu para korban terdampak gempa dan tsunami. Masyarakat juga dapat menyalurkan bantuannya melalui PMI Provinsi DKI Jakarta dengan nomor rekening :

·    Bank BCA            :   2063 8179 45

·    Bank Mandiri       :   123 001709 1945

·    Bank CIMB Niaga  :   800069514600

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Kepala Markas PMI Provinsi DKI Jakarta, Erna Cahyani, HP 085716525111