PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Selatan menggelar Program Refresh Anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), Kamis (11/5) di Balai Arimbi, Bogor, Jawa Barat. Program Community Flood Resilience (CFR) yang didukung penuh oleh Zurich Insurance ini diikuti 45 peserta dari anggota Sibat se-Kota Jakarta Selatan.

"Kami menyambut baik pelaksanaan program ini, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan anggota Sibat dalam penanggulangan bencana di wilayah Jakarta Selatan," ungkap Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DKI Jakarta Gurhadi Kartasasmita saat menyampaikan sambutan.

Menurutnya, program yang dihadiri langsung oleh Perwakilan IFRC Indonesia Mrs. Melani ini dapat menjadi wadah dalam mengevaluasi kesiapsiagaan yang dilakukan PMI baik sarana dan prasarana, serta respon time jika terjadi bencana, "Kami yakin, PMI Kota Jakarta Selatan akan selalu memberikan dukungan dan arahan bagi peserta agar memanfaatkan program baik ini," katanya.

Ketua PMI Kota Jakarta Selatan, H. Dadang Dasuki menambahkan Program Refresh Anggota Sibat merupakan salah satu program prioritas PMI Kota Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masayarkat dalam ikut menanggulangi bencana. "Kita selalu memprioritaskan partisipasi masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana, sehingga dapat mengurangi resiko dari dampak bencana yang terjadi," jelasnya.

Selain itu, Dadang mengatakan, dukungan penuh yang diberikan IFRC New Zealand dalam kegiatan peningkatan SDM relawan di Kota Jakata Selatan sangat bermanfaat. "Kami berterima kasih kepada IFRC, dukungan ini sangat bermanfaat dan kita harapkan hal ini berkelanjutan," ujarnya.

Anggota Sibat, Joko Mukti Nugroho, program-program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan PMI khususnya PMI Kota Jakarta Selatan sangat membantu mensiapsiagakan masyarakat dalam menghadapi bencana. "Saya rasakan sendiri, pelatihan yang diberikan sangat membantu dalam menghadapi bencana yang terjadi" ungkap peserta asal RT 002/04 Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. (Red_01)