PMI Propinsi DKI Jakarta
     
"Ini berkaitan kuat dengan tugas-tugas di lapangan. Relawan juga berperan dalam memajukan informasi melalui media sosial,"

Ketua PMI Kota Jakarta Barat Baharudin Zainudin

JAKARTA BARAT - Untuk menunjang publikasi program kepalangmerahan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Barat membekali relawannya dengan Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi. Pelatihan yang diikuti sebanyak 30 peserta ini dilaksanakan pada 16-20 Mei 2017 di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Ketua PMI Kota Jakarta Barat Baharudin Zainudin mengungkapkan Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi bertujuan mengajak peran serta relawan dalam menyebarkan informasi kepalangmerahan. "Ini berkaitan kuat dengan tugas-tugas di lapangan. Relawan juga berperan dalam memajukan informasi melalui media sosial," tutur Baharudin usai membuka acara Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi, Rabu (17/5).

Dikatakan Baharudin, pelatihan yang dilaksanakan ini besar manfaatnya. "Saat ini zamannya medsos, banyak kasus hukum berawal dari publikasi yang tidak terarah. Jadi dengan pelatihan kita harapkan relawan mampu menghasil informasi yang memiliki nilai berita dan dapat dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Terpenting, sambung dia, relawan dapat menterjemahkan kebebasan berkespresi dengan nilai-nilai positif dan bermanfaat. "Misalnya gambar yang di share di medsos, harus bernilai berita dan mengandung edukasi bagi yang melihatnya," jelas Baharudin.

Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi diikuti oleh Relawan Unit PMI Jakarta Barat, Relawan Unit Perguruan Tinggi Bina Sarana Informatika (BSI), Relawan Unit Universitas Esa Unggul, dan dari Satuan Siaga Bencana Berbasis Bencana (SIBAT). 

Sumber  : Humas PMI Jakarta Barat