PMI Propinsi DKI Jakarta
     
"Itu sejalan dengan semangat Ketua PMI DKI Jakarta saat ini, agar PMI provinsi dan kota/kabupaten dapat mandiri,"

dr. Kris Chandra Satria, Wakil Ketua Pengurus Bidang Yankes dan Transfusi PMI Provinsi DKI Jakarta 
 
DKI JAKARTA - Untuk mendukung ketersediaan darah di Provinsi DKI Jakarta, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta menargetkan pendirian Sub Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Jakarta Selatan berdiri pada tahun 2018 mendatang.

Wakil Ketua Pengurus Bidang Yankes dan Transfusi PMI Provinsi DKI Jakarta dr. Kris Chandra Satria mengatakan, saat ini sudah beroperasi Sub UTD PMI Jakarta Utara dan PMI Jakarta Barat. "Kita target Tahun 2018 mendatang Sub UTD PMI Jakarta Selatan running," ungkapnya, Rabu (17/5).

Memang, sambung Kris, PMI DKI Jakarta mendorong agar PMI wilayah kota dan kabupaten menggali potensi wilayah untuk dijadikan pendapatan mandiri dengan berbagai program pengembangan sumber daya wilayah. "Itu sejalan dengan semangat Ketua PMI DKI Jakarta saat ini, agar PMI provinsi dan kota/kabupaten dapat mandiri," jelasnya.

Ketua PMI Kota Jakarta Selatan Dadang Dasuki mengamini bahwa pihaknya saat ini sedang dalam upaya pendirian Sub UTD. Menurut dia, saat ini ratusan warga di Jakarta Selatan telah terdata sebagai pendonor tetap. "Perhari 10 sampai 15 warga mendonorkan darah ke Posko Pengambilan Darah di PMI Jakarta Selatan," katanya.

Disampaikan Dadang, PMI Jakarta Selatan baru dalam taraf pengambilan darah dari donor sedangkan pengolahan dan penyimpanan dibawa ke UTD PMI Provinsi DKI Jakarta. "Memang untuk tahun ini kita belum siap, karena di Markas PMI Jakarta Selatan tidak ada ruang yang dapat di pakai untuk Sub UTD," jelasnya.

Namun begitu, dia meyakini, keberadaan Sub UTD PMI Jakarta Selatan nanti akan membantu ketersediaan darah di Provinsi DKI Jakarta. "Kita butuh dukungan penuh dari PMI DKI, karena rencana in juga didukung penuh oleh Pemerintah Kota jakarta Selatan," tuturnya saat menghadiri Acara Pelantikan Pengurus PMI Kota Depok di Aula Teratai, Kantor Walikota Depok, Jawa Barat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Kepala Bidang Organisasi dan Komunikasi PMI DKI Jakarta, Dody Yanis, HP. 08179967791, atau Seksi Organisasi dan Komunikasi PMI Jakarta Selatan, Dedet Mulyadi, HP. 089667315245