PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengadakan Road Show Donor Darah bertajuk "Goes To Campus" di Universitas Mercu Buana (UMB), Jalan Meruya Selatan No.1, Meruya, Jakarta Selatan, Sabtu (13/5).

Kegiatan Donor Darah Mahasiswa, Dosen dan Karyawan  di Universitas Mercu Buana dihadiri oleh Ketua Umum PDDI, Adang Darajatun, Ketua PMI DKI Jakarta, Muhamad Ali Reza, dan Rektor Universitas Mercu Buana, Arissetyanto Nugroho.

"PDDI berdiri sejak 20 September 1978 sebagai perhimpunan sosial kemasyarakatan non pemerintah selain itu merupakan wadah persatuan dan kesatuan  para pendonor darah sukarela Indonesia." ujar Adang Darajatun, Ketua Umum PDDI

Menurut dia, PDDI bertugas meningkatkan minat masyarakat untuk mendonorkan darah secara sukarela demi kemanusiaan, tanpa memandang perbedaan agama, bangsa, golongan maupun warna kulit. Untuk mencapai tujuan tersebut, "PDDI menjalin kerjasama dengan PMI dalam penyediaan darah di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta, Muhamad Ali Reza menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan donor darah  di Universitas Mercu Buana yang diprakarsai oleh PDDI tersebut. Karena, menurut dia kegiatan ini mengandung nilai-nilai kemanusiaan.

"Ini bagian dari upaya PMI DKI Jakarta dalam mempromosikan manfaat donor darah dan mengajak masyrakat untuk lebih peduli terhadap sesama. Karena setetes darah kita kehidupan bagi saudara kita yang membutuhkan," ungkap Reza.

PMI DKI Jakarta, sambung Reza, akan mengandeng semua pihak untuk berkontribusi dalam upaya ketersedian stok darah. Apalagi selama bulan Ramadhan jumlah pendonor menurun bila dibanding bulan-bulan bisa. "Tiap tahun itu terjadi, makan kita akan antisipasi dengan menggandeng sejumlah pihak untuk berdonor," terangnya.

Setiap hari, PMI DKI mendapatkan suplai 1.000 kantong darah dari donor. Stok darah ideal yang harus ada di penyimpanan PMI sebanyak empat hari kebutuhan. “Kalau 1.000 kantong per hari berarti minimal harus ada 4.000 kantong di penyimpanan. Sekarang, menjelang puasa, memang butuh stok lebih banyak,” tukasnya.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Kepala Bidang Organisasi dan Komunikasi PMI DKI Jakarta, Dody Yanis, HP. 08179967791