PMI Propinsi DKI Jakarta
     

Program Masyarakat Tangguh Banjir didukung oleh IFRC (International Federation Red Cross and Red Cressent)  beserta (Zurich Insurance), merupakan program untuk masyarakat yang rentan bahaya banjir disebabkan meluapnya air dari sungai sungai besar seperti wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dengan bengawan solo, Jawa Barat dengan citarum dan Ibu Kota DKI Jakarta dengan sungai ciliwung.

Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat adalah Pengurangan risiko yang dilakukan bersama sama (masyarakat) mencakup seluruh sektor baik lingkungan, ekonomi, psiko sosial dan lain lain.

Kegiatan Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat merupakan pelatihan yang diperuntukkan untuk meningkatkan kapasitas SIBAT dalam melakukan tindakan respon bencana. Dalam kegiatan ini akan terbentuk 30 orang SIBAT yang akan dibekali baik pengetahuan dan keterampilan, nantinya diharapkan bisa memfasilitasi masyarakat menjadi lebih tangguh dalam menghadapi bencana.

Manajeman Tanggap Darurat Bencana untuk para SIBAT dilaksanakan pada tanggal, 11 – 17 Januari 2016, lokasi kegiatan The Radiant Bamboo Village, Jl. Cidokom Mega Mendung Bogor, Jawa Barat. Peserta diwakili dari 3 wilayah Kelurahan di Kota Administrasi Jakarta Selatan, penunjukan wilayah berdasarkan lokasi rentan terancam banjir dan di dukung oleh program masyarakat tangguh banjir, wilayah yang dimaksud adalah Kelurahan Bukit Duri, Kelurahan Kebon Baru dan Kelurahan Pengadegan masing masing wilayah mengirimkan 10 orang anggota SIBAT nya.

Secara tersirat kegiatan pelatihan MTDB bagi SIBAT PMI Kota Jakarta Selatan adalah untuk meningkatkan kapasitas dalam penanggulangan bencana, baik  sebelum, saat dan setelah terjadi bencana. Sedangkan tujuan khususnya meningkatkan kapasitas PMI dalam memobilisasi dan memperdayakan kapasitas SIBAT di bidang tanggap darurat bencana dan upaya pengurangan risiko khususnya di wilayah yang rawan bencana.